Senin, 04 Mei 2015

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MANAJEMEN PERKANTORAN

BAB I
RINGKASAN

Seiring berjalannya waktu teknologi informasi di Indonesia juga semakin
 berkembang.Para pengguna informasi semakin mudah memperoleh informasi
sesuai dengan kebutuhan, namun perkembangan tersebut harus di imbangi dengan
perkembangan sumber daya manusia dan didukung dengan media atau sarana
informasi yang memadai.
Teknologi sangat mendukung segala aktifitas manusia dalam berbagi bidang, salah
satunya adalah di bidang Perkantoran yang akan saya bahas dalam paper saya kali ini. Dalam suatu Perkantoran dimanapun selalu bersangkutan dengan aktifitas
informasi, baik dari segi data yang masuk kemudian dilanjutkan pada pemrosesan
data informasi hingga penginformasian data yang telah diolah. Manajemen
perkantoran adalah rangkaian aktifitas merencanakan, mengorganisasikan,
mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan hingga penyelenggaraan terhadap
suatu hal berjalan tertib. Dalam perkantoran modern segala kegiatan manajemen
perkantoran dikerjakan dengan menggunakan alat-alat otomasi perkantoran,
diantaranya adalah perangkat komputer dengan berbagai software yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan perkantoran, perangkat komunikasi yang memadai, kantor virtual, organisasi virtual,dan lain-lain.
Sistem informasi teknologi dibutuhkan dalam manajemen perkantoran modern
dalam menjalankan aktifitasnya, yaitu untuk mencatat segala transaksi yang terjadi
dalam kegiatan perkantoran tersebut, selain itu juga untuk mengolah data-data
transaksi tersebut sehingga menjadi informasi yang lebih berguna berbentuk laporan.Sistem tersebut bejalan dan berkembang didalam perkantoran dan merupakan
sumber daya konseptual sangat penting untuk mendukung berlangsungnya aktifitas perkantoran.
Salah satu perkembangan dalam bidang informasi perkantoran adalah
dengan banyaknya sistem kerja kantor yang menggunakan teknologi pemrosesan
data ataupun sistem jaringan untuk publikasi informasi dari perusahaan tersebut.
Seluruh perusahaan pasti menggunakan teknologi terutama teknologi computer.
Komputer merupakan komponen/unsur penting dalam kelancaran kegiatan suatu
perusahaan. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi maka itu sangat memudahkan semua kegiatan perusahaan.



BAB II
PEMBAHASAN

Ø  PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI

Pengertian teknologi Informasi yang mudah dipahami adalah: “perolehan,
pemprosesan, penyimpanan dan penyebaran informasi baik yang berbentuk angka,
huruf, gambar, maupun suara dengan suatu alat electrinics berdasarkan kombinasi
antara perhitungan (computing) dan komunikasi jarak jauh (telecomunications)”.

Kantor adalah tempat dan proses penanganan informasi. Pekerjaan kantor adalah
semua kegiatan yang bertalian dengan penanganan informasi yang berkaitan
dengan bidang tugas dari kantor/instansi yang bersangkutan.

Secara garis besar Pengertian teknologi Informasi adalah: “perolehan, pemprosesan
penyimpanan dan penyebaran informasi baik yang berbentuk angka, huruf, gambar,
maupun suara dengan suatu alat electrinics berdasarkan kombinasi antara
perhitungan (computing) dan komunikasi jarak jauh (telecomunications)”.

Ada tiga komponen utama teknologi informasi, yaitu :

1.    Komputer, yakni mesin elektronik yang mampu untuk membuat kalkulasi dengan kapasitas yang besar dan sangat cepat.

2.    Mikro elektronik, yaitu rancang bangun (design) penerapan dan produksi dari
peralatan elektronik yang berukuran sangat kecil, terdiri atas
      komponen-komponen yang rumit.

3.    Telekomunikasi adalah transmisi informasi melalui kabel atau gelombang radio.


Ø  PERAN TEKNOLOGI INFORMASI

Kemajuan teknologi informasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap pekerjaan kantor. Pekerjaan kantor dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat.


Pekerjaan-pekerjaan yang menggunakan teknologi informasi :

1. Penanganan Surat dan Pembuatan Laporan

Dengan diciptakannya mikro komputer yang sekaligus dapat berfungsi sebagai word
processor, maka dengan menggunakan komputer semacam ini penyelesaian
surat-surat dan laporan sangat dipermudah,  cepat, dan cermat.

Ada tiga jenis dasar word processor :

·             Word-processor yang berperan sendiri dalam hal ini sifat penggunaan word     processor independen, dan hanya digunakan untuk pengolahan teks,
     terdiri atas keyboard , processor, memory,layar,dan printer.

·             Beberapa word processor digunakan secara bergabung sebagai suatu
    sistem, terdiri atas beberapa keyboard dan layarnya yang dihubungkan
    dengan komputer sentral yang berfungsi sebagai pusat pengolahan,
    penyimpanan dan pencetakan.

·             Beberapa micro computer dengan tujuan umum di mana digunakan
    program pengolahan kata (a word-processing program).

Terdapat beberapa keuntungan dan kerugian dari penggunaan word-processor :

Ø  KEUNTUNGAN

·         Meningkatkan produktivitas dalam pengolahan dokumen, laporan atau surat, dan
sebagainya.
·         Menambah kepuasan kerja
·         Meningkatkan kualitas dan konsistensi hasil akhir (output)
·         Menghemat tenaga
·         Mempermudah mengedit atau mengolah kalimat
·         Mempermudah memperoleh kembali data yangtersimpan
·         Kemampuan untuk mengintegrasikan wordprocessor dengan komputer-komputer
lainnya.

Ø  KERUGIAN

·         Memerlukan perubahan baik tata ruang fisik maupun prosedur kerja yang ada
·         Memerlukan pelatihan yang memadai
·         Menimbulkan gangguan pada mata karena terlalu banyak di muka layar
·         Mengurangi kesempatan kerja seperti pekerjaan kesekretariatan.

2. Komunikasi  Perkantoran

Komunikasi merupakan sarana yang menghubungkan orang-orang dalam
organisasi untuk mencapai tujuan bersama. Dengan pesatnya kemajuan teknologi 
modern, alat-alat komukasi beraneka-ragam, sarana komunikasi semakin canggih
yang kita kenal dengan telekomunikasi (telecommunication) berasal dari kata tele
artinya pemindahan jarak jauh dan communication yang berarti hubungan.

Dengan kemajuan teknologi informasi, maka telekomunikasi makin dipermudah dan
dipercepat. Informasi tidak saja dapat dikirimkan dalam bentuk kata-kata dan
sandi-sandi seperti halnya dapat dilakukan melalui telepon dan telegram, tetapi
dapat dikirim dalam bentuk tulisan, angka, maupun gambar.

3. Pengiriman Surat

Pengiriman surat, terutama pengiriman surat jarak jauh saat ini dilakukan
dengan pesawat elektronik, karena itu dikenal nama Pos Elektronik (Electronic Mail). Karakteristik utama dari electronic mail adalah transmisi informasi dari satu tempat
ke tempat lain atau dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan metode elektronik penangkapan, pentransmisian, dan penyampaian informasi. Yang
termasuk ke dalam pos elektronik adalah teleks, faksimile, dan komunikasi antar
komputer.

4. Pengarsipan /Filing

Komputer mikro sangat membantu dalam hal pelaksanaan pekerjaan
mengarsip/filing warkat-warkat. Arsip yang semula berupa tumpukan kertas dan
disimpan di gedung arsip, sekarang arsip dapat disimpan di dalam disket-disket, CD, flashdisk.
Sehingga penyimpanan arsip sekarang beralih kepada penyimpanan dan
pemeliharaan yang memerlukan tempat jauh lebih sedikit dari pada gudang arsip
dalam bentuk kertas.

Ø  APLIKASI KOMPUTER DALAM MANAJEMEN PERKANTORAN

·           Pengolahan Kata (word Processing).

Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melaksanakan banyak
tugas-tugas  yang diperlukan untuk menyiapkan dokumen yang akan diketik atau
dicetak.
contoh: Microsoft WordWord PerfectOpen Office, dll

·         Surat Elektronik (electronik mail).

Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pemakai mengirim,
meyimpan dan menerima pesan-pesan dengan menggunakan terminal komputer
dan alat penyimpanan.
contoh: yahoo mail, google mail , dll.

·         Voice Mail.

Memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk
digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat dipanggil.

·         Kalender Elektronik (electronik calendaring)

Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender
pertemuan manajer. Manajer atau sekertaris manajer dapat memasukkan
pertemuan-pertemuan, membuat perubahan, meneelaah kalender itu dengan
menggunakan terminal keyboard. Kalender elektronik sangat bermanfaat bagi
manajer tingkat atas yang yang memiliki jadwal pertemuan yang sangat padat.

·         Konfrensi Audio

Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu hubungan audio
diantara orang-orang yang tersebar secara geografis untuk melaksanakan konfrensi. 
Conference call merupakan bentuk pertama konfrensi audio yang masih digunakan.



·         Konfrensi Video

Penggunaan peralatan televisi untuk menghubungkan para peserta konfrensi yang
tersebar secara geografis. Peralatan tersebut menyediakan hubungan audio dan
video.

·         Konfrensi Komputer

Penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para anggota tim pemecah
masalah bertukar informasi mengenai masalah yang akan dipecahkan.

·         Transmisi Faximile (facsimile transmission)

Penggunaan peralatan khusus yang dapat membaca dokumen pada satu ujung
saluran komunikasi dan membuat salinannya diujung yang lain. FAX berkontribusi
pada pemecahan masalah dengan membagikan dokumen kepada para anggota tim
pemecah masalah secara mudah dan cepat.

·         Videotex

Penggunaan komputer untuk menampilkan pada layar materi narasi dan grafik yang
tersimpan.

·         Desktop Publishing

Penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya sangat
baik.Tampilan layar persis sama dengan salinan kertas yang akan dihasilkan oleh
printer laser

.
Ø  MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS INTERNET BAGI
PERKANTORAN

Pada umumnya Internet digunakan untuk bisa terhubung dengan jaringan
komputer di seluruh dunia dan sebagai media komunikasi.  Internet mempunyai
banyak kegunaan yang menguntungkan dalam berbagai bidang (bisnis, akademis,
pemerintahan, organisasi, dsb) antara lain:

1.    Informasi yang didapatkan lebih cepat dan murah dengan menggunakan
berbagai aplikasi antara lain : email, NewsGroup, www, FTP. Dll
2.    Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh : koran, majalah dan
brosur
3.    Sebagai media promosi, contoh : pengenalan dan pemesanan produk.
4.    Komunikasi interaktif, meliputi : email, dukungan pelanggan dengan www,
video,conferencing, internet relay chat, internet phone.
5.    Sebagai alat untuk research dan development.
6.    Pertukaran data 


Ø  PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERKANTORAN

 Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkantoran ada beberapa hal yang
harus dipertimbangkan :

1. Implikasi umum (aspek sosial, ekonomi, dan sebagainya)

·         Investasi di bidang teknologi mungkin akan menimbulkan persoalan-persoalan
seperti kebosanan, keterampilan berulang-ulang yang digunakan, serta kehilanga
kepuasan kerja.
·         Pekerjaan perkantoran akan banyak mengalami perubahan.
·         Pekerjaan-pekerjaan yang bersifat rutin cenderung diambil alih oleh mesin.
·         Proses dan pengiriman informasi akan semakin cepat.
·         Pekerjaan rutin kantor akan lebih efektif.



2. Implikasi terhadap karyawan kantor

a. Keuntungan terhadap karyawan kantor

·         Mendorong untuk belajar keterampilan baru.
·         Pekerjaan-pekerjaan yang menjemukan dapat dialihkan ke mesin- mesin.
·         Lebih mempermudah dan mempercepat penanganan informasi.
·         Lebih mudah dan cepat dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan.
·         Bertambahnya kesempatan dalam bidang pemeliharaan peralatan elektronik, 
programmer dan rekayasa software .
·         Kesempatan untuk memperpendek hari kerja setiap minggu.
·         Lebih sedikit pekerjaan

b. Kerugian terhadap karyawan kantor

·         Cenderung karyawan menjadi “ machine-minders ”.
·         Masalahkesehatan sebagai ekses dari peralatan seperti layar,printer , dan
sebagainya.
·         Kehilangan kontak personal, karena penyampaian informasi dilakukan oleh mesin
·         Implikasi terhadap pemberi kerja.
·         Memerlukan waktu untuk perubahan dari sistem manual ke sistem elektronik.
·         Menimbulkan keresahan pada sementara karyawan pada tahap penerapan.
·         Tidak seluruh software yang tersedia pasti sepenuhnya memenuhi kebutuhan.

Ø  OTOMATISASI KANTOR

Otomatisasi Kantor (Office Automation) atau OA adalah Penggunaan alat
elektronik untuk memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan
dengan komunikasi informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan produktivitas.

Otomatisasi Kantor merupakan sebuah rencana untuk menggabungkan
teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi
meningkatkan produktifitas pekerjaan. Asal mula otomatisasi kantor di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word processing untuk menjelaskan kegaitan devisi mesin tik listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan mesin
 yang disebut Magnetic Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang
dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.

Para pengguna OA :

·         Manajer, orang-orang yang bertanggung jawab mengelola sumber daya
perusahaan, terutama SDM.
·         Profesional, menyumbangkan keahlian khusus yang membedakan mereka
dengan sekertaris dan pegawai administrasi.
·         Sekertaris, ditugaskan oleh professional untuk melaksanakan berbagai tugas
seperti menangani korespondensi, menjawab telepon dan mengatur jadwal
     pertemuan.
·         Pegawai administrasi, melaksanakan tugas-tugas untuk sekertaris, seperti
mengoperasikan mesin fotokopi, menyusun dokumen, menyimpan dokumen, dll.

Tujuan otomatisasi kantor adalah:

1.    Pemanfaatan yang seefisien mungkin atas uang, tenaga kerja, material, waktu
dan mesin atau alat-alat kerja.
2.    Pemeliharaan kecepatan dan ketepatan prosedur kerja.
3.    Meningkatkan produksi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan aplikasi Otomatisasi Kantor

1.     Jenis Organisasi, yaitu seorang manajer diperusahaan dengan satu lokasi tidak akan mempertimbangkan konferensi audio dan video.
2.    Pilihan pribadi, manajer yang memilih komunikasi tatap muka tertarik pada
konferensi video dan memanfaatkan kalender elektronik.
3.    Sumber daya OA yang tersedia paduan manajer dibatasi oleh sumber oleh
sumber daya OA yang tersedia dalam perusahaan.



BAB III
PENUTUP

1.    KESIMPULAN

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi meningkatkan produktivitas
kerja pegawai dan memudahkan perusahaan dalam menjalankan seluruh kegiatan
perkantorannya. Peran komputer dan teknologi komunikasi diyakini mampu
meningkatkan produktivitas kerja dengan tingkat akurasi, kecepatan dan kemudahan yang tinggi. Penggunaan aplikasi komputer yang merupakan ringkasan Sistem
Informasi Manajemen kini banyak diterapkan di kantor-kantor pemerintah maupun
swasta dengan sistem database yang kompleks dan terintegrasi sehingga
peningkatatan produktivitas kerja pegawai meningkat sangat signifikan. Biasanya
setiap perusahaan mempunyai suatu aplikasi pemograman khusus perusahaan itu
sendiri.

2.    SARAN

Saran saya adalah semua perusahaan harus menggunakan teknologi yang ada
untuk memudahkan aktivitas dalam manajemen perkantorannya. Kemajuan
teknologi informasi saat ini sangat memberikan efek positif dalam kegiatan manusia.




DAFTAR PUSTAKA 



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar